TUKANG BOHONG DAN PENYEBAR BERITA HOAX YANG LUPA DIRI

Akhir-akhir ini sering kita jumpai orang-orang yang gemar menasehati orang lain agar tidak menyebarkan berita Hoax, namun mereka lupa akan diri mereka sendiri, ironisnya orang-orang ini baru kemarin mereka dengan gencar, massive dan viral berdusta dan menyebarkan berita-berita hoax, namun tidak berselang lama dan tanpa rasa malu, mereka menasehati orang lain agar tidak suka berbohong dan menyebarkan berita hoax.

Orang seperti ini sudah di informasikan oleh Allah ﷻ dalam al-Qur’an dan di jelaskan dalam Hadits.

Allah ﷻ berfirman:

اَتَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ اَنْفُسَكُمْ

“Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri,” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 44)

Dalam hadits riwayat imam ibnu Hibban di kitab Shahihnya disebutkan, dari Anas bin Malik menceritakan:

عن أنس قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول مررت ليلة أسري بي على أناس تقرض شفاههم وألسنتهم بمقاريض من نار قلت من هؤلاء يا جبريل قال هؤلاء خطباء أمتك الذين يأمرون الناس بالبر وينسون أنفسهم وأخرجه ابن حبان في صحيحه

ketika Rasulallah ﷺ di mikrajkan. beliau berjumpa dengan suatu kaum yang bibir dan lidah mereka di guntingi dari gunting yang terbuat dari api , lalu beliau bertanya: “hai jibril siapa mereka itu?”, jibril menjawab: “mereka adalah tukang khotbah dari kalangan ummatmu, mereka memerintahkan orang lain untuk mengerjakan kebajikan ,sedangkan mereka melupakan dirinya sendiri”.

Orang yang gemar berdusta dan menyebarkan berita hoax, kemudian Ia menasehati orang lain agar tidak berdusta dan menyebarkan berita hoax, orang seperti ini mereka menipu diri mereka sendiri.

وربنا الرحمن المستعان ….

📌 Abu Muhammad al-Maduri hafidzahullah

═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
👇🏼Ikuti dan Share Channel Telegram

♻ SAHABAT ASWAJA
https://t.me/sahabataswaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *