KEBAIKAN SELURUHNYA DALAM MENGIKUTI PARA PENDAHULU

Rumah Aswaja

Junjungan kami Al-Imam Ahmad bin Hasan Al-Attas ra. berkata, “Kebaikan terdapat dalam mengikuti para pendahulu yang saleh dan memegang teguh apa yang mereka anjurkan pada kebiasaan, ibadah, kitab (yang dibaca mereka), akhlak, yang dilakukan, dan ditinggalkan. Semua itu telah dijelaskan dalam kitab-kitab mereka yang ditulis dengan tujuan untuk mengamalkan, dari kitab fiqih atau lain-lainnya. Mereka yang mengikuti para pendahulu yang saleh tak akan salah dan lelah.”

Beliau ra. berkata, “Tujuan terpenting dalam pencatatan amal para pendahulu yang saleh dan mendokumentasikan akhlak terpuji serta amal saleh yang ada pada mereka adalah, agar diikuti oleh yang hidup sesudahnya. Bukan karena tujuan mengumpulkan karamah-karamah mereka atau yang sejenis dengan itu. Sedangkan keadaan para pendahulu yang saleh layaknya cahaya, kebiasaan hidup dan ibadah mereka, karena semua yang dilakukan bersumber dari niat yang baik dan tujuan yang mulia.”

Beliau ra. juga berkata, “Kita memiliki tiga timbangan. Timbangan untuk ilmu yang sifatnya tidak terikat, timbangan untuk ilmu yang sifatnya terikat, dan timbangan amal. Ilmu yang sifatnya tidak terikat, kita jadikan di dalam dada kita. Ilmu yang sifatnya terikat, maka kita harus mengikat diri kita dengannya, yaitu mazhab Syafi’i ra.. Sedangkan dalam beramal kita mengikuti yang dilakukan oleh para pendahulu dari kaum ‘Alawi, semoga Allah memberi manfaat kepada kita melalui mereka.”

Junjungan kami Asy-Syaikh Al-Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad ra. berkata, “Kebiasaan hidup para pendahulu yang saleh lebih baik daripada kebiasaan hidup kita, bahkan daripada perbuatan sunnah kita. Mereka para pendahulu kita – yakni Bani ‘Alawi – telah membangun untuk kita dalam segala hal, dan kita tidak mengikuti kecuali mereka.”

ﻭَٱللّٰهُ أَﻋْﻠَﻢُ بِٱﻟﺼَّﻮَٱﺏِ
.
[ Al-Manhaj as-Sawiy, Syarh Ushul Thariqah as-Sadah Al-Ba ‘Alawi lil Al-‘Allamah Al-Muhaqqiq Ad-Da’illallah Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *