*ASWAJA DAN AS-U-AJA*

Hb. Muhammad Vad’aq

Aswaja adalah singkatan dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah, mereka adalah mayoritas muslim di seluruh dunia terkhusus di negeri ini. Aqidah mereka adalah Asya’ari dan madzhabnya salah satu dari madzhab empat yang muktabar. Namun demikian mayoritas aswaja di Indonesia dan sekitarnya bermadzhab Syafi’i.

Begitu ketat dan gigih mereka mempertahankan ajaran leluhur, baik secara aqidah atau bermadzhab. Buku maraji’ mereka tidak berubah sampai saat ini demi melestarikan ajaran yang sudah mendarah daging. Ilmu tasawuf juga mereka dalami dan amalkan karena tasawuf adalah ilmu akhlaq hati.

Definisi tasawuf adalah masuk pada akhlaq yang mulia dan meninggalkan akhlaq yang tercela. Ilmu ini lebih menitik beratkan pada praktek ketaatan pada seluruh perintah Allah dan Rasul. Bukan ilmu dongeng, khurafat, mendakwa kewalian dan mendeteksi kuburan majhul. Oleh karenanya sepandai apapun seorang tentang tasawuf, namun jika dia tidak mentaati perintah Allah, maka mereka tidak bisa dibilang sufi atau aswaja.

Aswaja seharusnya membela kebenaran, membela alquran dan hadits, taat patuh pada para ulama salaf, mencintai ahlul bait Nabi juga para sahabat, berani lantang menentang kebatilan siapapun pelakunya, menjauhkan diri dari larangan Allah.

Adapun *As-U-Aja* (Asal Uang Saja), adalah kelompok manusia genit yang mengidolakan uang, jangankan melanggar kaidah Aqidah dan madzhab, Alquran dan Hadits pun bisa mereka buang demi uang. Nabi SAW bersabda,’’ *Akan terjadi pada umatku orang menjual agamanya dengan harta yang sedikit.’’*

“`Sudah seharusnya umat berhati-hati dengan kelompok ini, mengenali ciri As-U-Aja yang terbesar adalah tujuan akhirnya hanya uang dan kedudukan. Dalam kelompok ini juga banyak yang berpakaian ulama, memakai simbol agama dalam mensosialisasikan pahamnya, namun tidak untuk membela agama. Bahkan mereka siap membela penista agama, memfitnah ulama, mendukung LGBT, dan semua hal yang telah diharamkan oleh para ulama Aswaja.“`

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *